Kerja Nyata Dakwah FPI, Berhasil Islamkan 404 Orang Suku Anak Dalam

Iustrasi

POJOKSATU.id, JAMBI – Mualafnya 404 orang penduduk suku anak dalam di Jambi menjadi kisah tersendiri bagi pihak-pihak yang menuntunnya. Sebab penduduk suku anak dalam ini sebelumnya adalah masyarakat yang tidak memiliki agama.

Kabag Humas Kota Jambi Abu Bakar menyebutkan, kegiatan itu awalnya diinisiasi oleh Yayasan Agrapana Bhumi Indonesia (YABI), yang konsen di bidang penanganan lingkungan dan sosial bersama dengan ormas Front Pembela Islam (FPI) Kota Jambi.

Dijelaksan Abu Bakar, kedua organisasi itu menghubungi Lembaga Adat Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi dan lantas disampaikan kepada Wali Kota Jambi selaku Pemangku Adat.

“Bapak Wali Kota sangat merespons positif, karena dalam agama tidak boleh menghalangi sebuah perbuatan baik apalagi ini urusannya memfasilitasi saudara kita yang mau masuk Islam, terlebih lagi saat ini mereka memang animisme (tidak memiliki agama-red). Yang pahalanya sangat luar biasa besarnya di hadapan Allah SWT. Wali Kota kemudian minta agar dilakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait agar proses pengucapan syahadatain itu berjalan dengan baik,” ujar Abu Bakar seperti yang dilansir Jambi Independent, Senin (30/1).


Abu Bakar menyebutkan, jumlah warga Suku Anak Dalam yang akan masuk Islam itu berjumlah 404 orang yang terdiri dari 124 laki-laki dewasa, 114 wanita dewasa. Sementara sisanya anak-anak usia 7 – 12 tahun yang terdiri dari 90 orang anak laki-laki dan 76 orang anak wanita.

Dalam prosesi pengucapan dua kalimat syahadat itu, para mualaf ini mendapat fasilitas dari Pemko Jambi. Mulai dari penginapan, konsumsi termasuk pakaian dan perkengkapan ibadah seperti baju koko, kain sarung dan peci bagi pria serta jilbab dan mukena bagi wanita telah disiapkan sepenuhnya oleh Wali Kota SY Fasha. “Walikota Jambi telah menyiapkan berbagai kebutuhan kegiatan tersebut secara pribadi,” jelas Abu Bakar.

Dalam mengucapkan syahadat ini, para calon mualaf ini akan dipandu oleh para ulama dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama, termasuk juga Wali Kota Jambi Syarif Fasha akan turut menjadi pembimbing pengucapan ikrar syahadatain itu.

Lebih menarik lagi, dalam acara pengucapan syahadatain itu juga akan hadir menjadi pembimbing 2 tokoh ulama besar, yakni Syekh Ali Jaber yang baru-baru ini ditunjuk sebagai Duta Perdamaian PBB, serta Ketua Umum DPP FPI KH Ahmad Shobri Lubis.