Ini Dia Narkotika Jenis Baru yang Ditemukan BNN

Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Badan Narkotika Nasional (BNN) merilis zat narkotika jenis baru. Setelah sempat menghebohkan masyarakat kehadiran tembakau gorila sebagai zat narkotika jenis baru kini hal tersebut mencuat kembali. Kali ini tembakau gorila dikaitkan dengan adanya broadcast yang beredar di masyarakat tentang sebuah kasus yang sedang ramai diperbincangkan.

Humas BNN melansir, Selasa, (3/2), tembakau dengan nama umum yang tampak keren yakni “gorila” masuk dalam klasifikasi new psychoactive substances dengan nama AB-CHMINACA.

Dijelaskan bahwa  zat AB-CHMINACA merupakan salah satu jenis  synthetic cannabinoid (SC). Meskipun demikian hingga saat ini zat tersebut belum masuk daftar lampiran UU 35/ 2009 tentang Narkotika dalam bentuk Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes), namun sejauh ini telah masuk dalam tahap finalisasi draft di Kemenkes untuk masuk dalam Narkotika golongan I.

Berdasarkan World Drugs Report tahun 2014, UNODC mencatat bahwa peningkatan tren SC adalah 50 persen dari zat-zat baru yang terdeteksi. Dari jumlah tersebut beberapa jenis SC yang telah berhasil terdeteksi oleh BNN adalah JWH-018, XLR-11, 5-fluoro AKB 48, MAM 2201, FUB-144, AB-CHMINACA, AB-FUBINACA, dan CB-13.