Terungkap Suami Sylviana Murni Transfer Uang ke Penyebar SARA Sebelum Aksi 212

Sylviana Murni
Sylviana Murni

POJOKSATU.id, JAKARTA — Polda Metro Jaya berencana memanggil suami Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sylviana Murni, Gde Sardjana terkait kasus hate speech dengan tersangka Zamran.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan, penyidik akan memeriksa Gede sebagai saksi bagi Zamran, Jumat (30/12). “Rencananya besok (30/12) yang bersangkutan akan dimintai keterangan sebagai saksi,” kata Argo.

Zamran merupakan tersangka kasus hate speech yang dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Pasalnya, dia mengunggah informasi bernuansa suku, agama, ras dan antar-golongan (SARA) bernada menghina.

Menurut Argo, berdasarkan penelusuran penyidik, ternyata ada aliran uang dari Gde ke Zamran. Uang itu ditransfer jelang Aksi 212 pada 2 Desember lalu.


Karenanya penyidik Polda Metro Jaya akan mengonfirmasi alasan Gde memberi uang ke Zamran. “Jadi ada aliran dana ke Zamran dari yang bersangkutan (Gde), makanya dimintai keterangan,” tambah Argo.

Namun, Argo belum bisa memerinci maksud Gde mentransfer uang ke Zamran. “Uangnya untuk keperluan apa, kapan ditransfernya, berapa jumlahnya, ya itu yang akan dicari tahu,” katanya.

(ra/jpnn/pojoksatu)