Sri Bintang Pamungkas Akan Tetap Lakukan Aktivitas Ini di Dalam Tahanan, Ada Buku dan Mahasiswa

Sri Bintang Pamungkas
Sri Bintang Pamungkas

POJOKSATU.id, JAKARTA – Status tersangka yang dimiliki Sri Bintang Pamungkas (SBP) tidak menghapus statusnya sebagai dosen.

Meski telah ditahan di tahanan narkoba Polda Metro Jaya (PMJ), dosen teknik mesin Universitas Indonesia (UI) itu tetap menyiapkan bahan-bahan ujian untuk mahasiswanya.

“Ya, benar. Karena Sri Bintang ini kan dosen ya. Jadi lagi nyusun-nyusun apalah buat persiapan mengajarnya,” ungkap Direktur Dit Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) PMJ, Ajun Komisaris Besar Barnabas, Kamis (8/12/2016).

Seperti diketahui, saat ini, SBP ditahan bersama dengan Rizal Kobar dan Jamran yang juga menjadi tersangka dugaan makar dan pelanggaran pasal 28 UU Nomor 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).


Menurut Barnabas, selama di dalam tahanan, kesehatan ketiganya cukup baik. Serta tidak ada keluhan berarti terkait asupan makanan yang disiapkan. Apalagi, pihak keluarga juga kerap membawakan makanan bagi ketiga tersangka.

“Nggak ada (keluhan). Kan keluarganya juga bawa makanan,” terang Barnabas.

Sebelumnya, istri SBP, Ernalia, menyempatkan membesuk salah satu aktivis 98 yang menggulingkan Presiden RI ke-2 Soeharto itu, Selasa lalu (6/12).

Saat itu, Erna mengatakan, sebagai seorang dosen, suaminya tidak bisa lepas dari buku-buku yang menjadi bahan bacaannya.

Sehingga, dirinya mengikuti instruksi aktivis kelahiran Tulungagung itu saat meminta dibawakan buku Bahasa Inggris dan Ekonomi. Tujuannya, sebagai bahan untuk pembuatan soal mahasiwanya.

“Dia justru meminta supaya lebih banyak dibawakan buku daripada makanan,” timpal Erna.

Seperti diketahui, SBP, Jamran dan Rizal tergabung dalam gerbong yang sama dengan delapan tersangka lainnya saat ditangkap, Jumat (2/12) dini hari lalu.

Selain sangkaan makar, mereka juga dijeray pasal penghinaan terhadap penguasa dan UU ITE.

(rus/sta/rmol/pojoksatu)