Ahmad Dhani, Ratna Sarumpaet, Kivlan Zein dan Rachmawati Ditangkap karena Dituduh Makar

Kivlan Zein ditangkap di rumahnya
Kivlan Zein ditangkap di rumahnya

POJOKSATU.id, JAKARTA – Musisi Ahmad Dhani ditangkap bersama sejumlah tokoh jelang aksi 212, Jumat 2 Desember 2016. Mereka yang ditangkap di antaranya, aktivis HAM Ratna Sarumpaet, putri Bung Karno Rachmawati Soekarnoputri, Kivlan Zein hingga Sri Bintang Pamungkas.

Para tokoh ini ditangkap karena diduga hendak melakukan makar untuk menggulingkan Presiden Jokowi. Mereka juga dituding mendompleng aksi Bela Islam yang dimotori Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI).

Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar membenarkan penangkapan tersebut. Boy menyebut penangkapan para tokoh ini di luar dari agenda aksi 212.

“Iya, diluar agenda ini, sedang dalam pemeriksaan Polda Metro. Nanti kita sampaikan,” ucap Boy Rafli saat dikonfirmasi.


Penangkapan 10 tokoh tersebut membuat pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra angkat bicara. Yusril menyatakan siap menjadi pengacara para tokoh tersebut.

Yusril mengaku sudah berbicara via telpon dengan Ratna Sarumpaet. Ratna mengaku dijemput polisi di Hotel Sari Pasifik dan dibawa ke Markas Brimob Kelapa Dua.

“Bu Ratna bilang beliau akan dimintai keterangan karena ada bukti beliau dkk mau melakukan makar,” demikian cuitan Yusril Ihza Mahendra via twitter miliknya, Jumat, 2 Desember 2016.

Berikut ini 10 tokoh yang ditangkap polisi di tempat berbeda pada 2 Desember 2016:

1. Ahmad Dhani ditangkap di Hotel San Pasific. Dhani diduga melanggar pasal 207 KUHP

2. Eko ditangkap di rumahnya di Perum Bekasi Selatan. Eko diduga melanggar pasal 107 jo 110 KUHP jo 87 KUHP

3. Adityawarman ditangkap di rumahnya. Adityawarman diduga melanggar pasal 107 jo 110 KUHP jo 87 KUHP

4. Kivlan Zein ditangkap di rumahnya komplek Gading Griya Lestari blok H1 -15 Jalan Pegangsaan Dua. Kivlan Zein diduga melanggar pasal 107 jo 110 KUHP jo 87 KUHP

5. Firza Huzein ditangkap di Hotel San Pasific, pukul 04.30 WIB. Firza diduga melanggar pasa 107 jo 110 KUHP jo 87

6. Racmawati Soekarnoputri ditangkap di kediamannya, pukul 05.00 WIB.

7. Ratna Sarumpaet ditangkap di kediamannya, pukul 05.00 WIB.

8. Sri Bintang Pamungkas ditangkap di kediamannya di Cibubur. Sri Bintang dibawa ke Mako Brimob dan kasusnya ditangani Krimsus.

9. Jamran diamankan di Hotel Bintang Baru Kamar 128 dipimpin oleh Kasubdit Indag, AKBP Iman Setiawan. Jamran diduga melanggar UU ITE.

10. Rizal Kobar ditangkap di samping Sevel Stasiun Gambir Jakpus pada tanggal 2 Des 2016 pukul 03.30 WIB. Rizal diduga melanggar UU ITE

(one/pojoksatu)