Instansi Pelayanan Publik Buka Sabtu dan Minggu Mulai 2017

Ilustrasi CPNS
Ilustrasi CPNS

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pemerintah terus berupaya memaksimalkan pelayanan publik, salah satunya dengan cara membuka pelayanan pada hari Sabtu dan Minggu.

Instansi pelayanan publik tidak akan libur pada hari Sabtu dan Minggu mulai tahun 2017 mendatang. Hal itu dilakukan guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur mengatakan, pelayanan publik di institusi pemerintah tidak akan libur pada hari Sabtu dan Minggu.

Menurut Asman, kebijakan tersebut sudah didesain tahun 2016, namun pemberlakukannya baru bisa diterapkan tahun depan.


Alasan instansi pelayanan publik tetap buka pada hari Sabtu dan Minggu, yakni banyaknya masyarakat yang membutuhkan pelayanan pada hari libur.

Dikatakan Asman, saat hari kerja sebagian masyarakat kesulitan membagi waktu pergi ke pelayanan publik karena tuntutan pekerjaan. Karena itu, pelayanan di hari Sabtu dan Minggu akan menjadi solusi bagi mereka yang super sibuk di hari kerja.

“Banyak swasta yang tidak bisa libur pada hari biasa, pada hari Sabtu dan Minggu lah, dia ngurus surat terkait pribadinya,” ujar Asman usai menghadiri HUT Korpri ke-54 di Monas, Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Asman menambahkan, dibukanya pelayanan publik pada hari libur juga bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kinerja dan kualitas PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

Asman menyebutkan, para PNS atau ASN nantinya akan dipetakan, sehingga ada ASN yang khusus bekerja di hari Sabtu dan Minggu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Saat ini, lanjut Asman, pihaknya sedang fokus menggodok sistem tersebut untuk merealisasikan pelayanan publik. Setelah sistemnya sudah ada, maka ASN akan dipetakan.

“Ada yang menumpuk ASN-nya, makanya kita coba sesuaikan dengan keahlian masing-masing untuk kita redistribusikan lagi,” tandas Asman.

(one/pojoksatu)