Ini Penjelasan Lengkap Mabes Polri Soal Foto Kapolri dengan Pendukung Ahok

Foto hoax Kapolri kongkow bareng relawan Teman Ahok.
Foto hoax Kapolri kongkow bareng relawan Teman Ahok.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Minggu ini Kapolri Jenderal Tito Karnavian diterpa isu tak sedap di media sosial (medsos). Kapolri dituding telah bertemu dengan salah satu pendukung Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan terlibat pembicaraan politik.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Boy Rafli Amar menegaskan hal itu tidak benar. Dijelaskannya, bahwa Rabu kemarin, Kapolri menerima permohonan audiensi dengan pegiat medsos atau Netizen. Komunitas tersebut menginginkan orang nomor satu di Korps Bhayangkara untuk berpartisipasi mengatasi berita bohong atau hoax di dunia maya.

“Karena kita tahu bahwa hoax di medsos ini sangat beragam, yang bahkan mengarah pada upaya perpecahan persatuan dan kesatuan,” kata Boy saat menggelar konferensi pers di Mabes Polri, Sabtu (26/11/2016).

Lebih lanjut, 21 Netizen kemudian diterima Kapolri Tito yang kebetulan ada saat itu. Mereka sambung Boy berkeinginan untuk membuat suatu lembaga masyarakat antihoax.


“Kita klarifkasi berita itu sangat tidak benar,  jadi yang ada adalah keinginan sejumlah para penggiat medsos untuk membentuk masyarakat antihoax,” tukas Boy.

Foto hoax Kapolri kongkow bareng relawan Teman Ahok.
Foto hoax Kapolri kongkow bareng relawan Teman Ahok.

Boy menambahkan bahwa kedepan para Netizen ingin mendeklarasikan lembaga masyarakat antihoax. Boy kembali menegaskan bahwa Kapolri tidak membicarakan masalah politik atau mendukung salah satu calon pasangan Pilkada DKI Jakarta 2017.

“Itu tidak mungkin dilakukan, karena ini adalah untuk kepentingan publik untuk kepentingna bersama,” tandas Boy.

(yud/pojoksatu)