Foto Kapolri Kongkow Bareng Teman Ahok Beredar, Begini Jawaban Polri

Foto hoax Kapolri kongkow bareng relawan Teman Ahok.
Foto hoax Kapolri kongkow bareng relawan Teman Ahok.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian kembali kena fitnah melalui media sosial (medsos). Kali ini foto hoax Kapolri kongkow bareng relawan Teman Ahok menyebar di medsos.

Foto tersebut menunjukkan Kapolri selfie dengan Teman Ahok di ruang kerjanya. Foto lain menunjukkan seorang pria berambut gondorong duduk di kursi Kapolri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Kombes Rikwanto menegaskan, foto selfie Kapolri dan Teman Ahok itu fitnah. Meski tidak detail kapan foto tersebut diambil, namun mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu mengatakan, dia berada di tempat tersebut saat foto itu diambil.

“Karena saya deket situ, yang fitnah kan nggak deket situ dan memang niatnya untuk fitnah,” ujar Rikwanto di Mabes Polri, Jumat (25/11/2016).


Dikatakan Rikwanto, Kapolri berfoto dengan sejumlah netizen. Mereka diundang oleh Divisi Humas Polri untuk turut aktif menyampaikan pesan-pesan kepolisian.

“Nah salah satunya yang kemarin itu. Kebetulan Pak Kapolri kita laporkan mau mengarahkan,” jelas Rikwanto.

Foto hoax Kapolri kongkow bareng relawan Teman Ahok.
Foto hoax Kapolri kongkow bareng relawan Teman Ahok.

Menurutnya, semua gambar bisa dibuat macam-macam oleh orang tak bertanggung jawab. “Nah itu sekarang kita luruskan. Itu fitnah,” tegas Rikwanto.

Berdasarkan informasi Sabtu besok, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Boy Rafli Amar akan memberikan keterangan pers mengenai foto Kapolri dengan netizen pukul 10.00 WIB.

Untuk diketahui, Kapolri sebelumnya difitnah dengan mengeluarkan surat perintah instruksi memeriksa politisi senior Amien Rais. Hal itu kemudian dibantah dan Cybercrime Mabes Polri telah menangkap penyebar berita hoax, yaitu seorang mahasiswa berinisial Y.

(yud/pojoksatu)