Cuaca Buruk, Aktivitas Kapal Menurun

Ilustrasi

POJOKSATU.id,  KALIDONI – Cuaca yang dinilai buruuk ditengarai menjadi penyebab sedikit menurunnya aktivitas kapal di pelabuhan sungai lais. Ada penurunan aktivitas kapal dalam tiga bulan terakhir meskipun tidak signifikan.

KUPTD Pelabuhan Sungai Lais, KA Halim mengatakan aktivitas kapal di pelabuhan sungai lais sedikit mengalami pengurangan dalam tiga bulan terakhir.

“Biasanya kalau hujan warga kawasan jalur banyak yang panen, sehingga aktivitasnya biasanya normal,” ujanya seperti dikutip Sumatera Ekspres, Minggu (14/11)

Meski begitu, diakuinya musim penghujan beberapa waktu terakhir membuat aktivitas diperkirakan akan kembali menurun pada nopember 2016. “Cuacanya memang agak tidak bagus jadi para nakhoda ataupun serang ini cukup berhati hati dalam menjalankan speed boat ataupun jukung,” ungkapnya.


Menurutnya, pihaknya selalu mengingatkan untuk mengutamakan keselamatan terutama saat cuaca buruk, sehingga kemungkinan para nakhoda memilih tidak berlayar selama cuaca dinilai buruk.

“Memang lebih bagus seperti itu, dari pada dipaksakan dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan,” bebernya.

Sementara itu Kepala TU, Yamin mengatakan,  aktivitas sejak agustus mengalami penurunan hingga oktober. “Pada agustus 2016 aktivitas masuk ada 950 kapal sementara yang keluar ada 980 kapal,” terangnya.

Sedangkan di bulan September kembali memgalami kenaikan ada  785 kapal yang masuk dan 830 kapal yang keluar. “Di bulan oktober kembali mengalami penurunan yakni 790 kapal yang masuk dan 780 kapal yang keluar,” tuturnya.

Untuk aktivitas kapal di Pelabuhan Sungai Lais diakuinya mengalami sedikit pengurangan dibandingkan hari hari sebelumnya. “Kalau dilihat memang sedikit mengalami penurunan meskipun tidak draktis,” pungkasnya.

(way/via/nas/JPG)