Terbuka Peluang Persaingan PNS Daerah dan Pusat

PNS
ilustrasi

POJOKSATU.id, TANJUNG SELOR – Para pegawai negeri sipil (PNS) harus terus berupaya meningkatkan kinerjanya. Pasalnya, di masa mendatang para abdi negara itu bakal bersaing dengan PNS yang berasal dari pusat.

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie menyatakan tidak menutup kemungkinan untuk pengisian jabatan akan ada pemindahan pegawai dari pemerintah pusat ke daerah.

“Kan ke depan pegawai negeri sipil akan menjadi pegawai nasional. Jadi bisa saja pegawai dari Jawa atau Sumatra dipindahkan ke Kaltara,” ujarnya seperti diberitakan Berau Post.

Rencana menasionalkan PNS ini juga pernah disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur.


Sebagai langkah awal, Menteri Asman menyatakan pemerintah menempatkan lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ke berbagai daerah. Artinya, lulusan IPDN tidak lagi harus kembali ke daerah asal.

Jika kebijakan tersebut diambil pemerintah pusat, bukan tidak mungkin rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kaltara yang sudah disetujui bakal tertunda.

Irianto pun belum dapat memastikan pelaksanaan rekrutmen CPNS untuk Kalimantan Utara. Hingga saat ini, kata dia, Pemprov Kaltara masih menunggu surat resmi dari Kemenpan-RB.

“Saya belum tahu apakah rekrutmen bisa dilaksanakan tahun ini,” sebutnya.