Ini Pernyataan Sikap Forum Rektor terkait Aksi 4 November

SBMPTN 2016
Rochmat Wahab

POJOKSATU.id, JAKARTA – Forum Rektor Indonesia (FRI) juga mengeluarkan pernyataan terkait aksi demonstrasi 4 November.

Ketua FRI Rochmat Wahab menuturkan seluruh pimpinan perguruan tinggi diminta untuk tetap mengendalikan kegiatan akademik dan non akademik di kampus masing-masing.

Jangan sampai ada aktivitas yang menyimpang dari tridharma perguruan tinggi. FRI  menyampaikan masukan kepada kepolisian terkait tudingan penistaan atau pencemaran agama. Dia mengatakan penegak hukum harus bisa bersikap tegas terhadap pelanggaran hukum.

’’Tentunya dengan berpedoman pada undang-undang yang berlaku,’’ jelasnya.


Rochmat berharap penegak hukum bekerja sesuai kaidah hukum tanpa terpengaruh tekanan massa.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menegaskan besok, 4 November sekolah tidak diliburkan.

“Tidak ada libur ya. Semua sekolahan di Jakarta tetap menjalankan aktifitas seperti biasa,” katanya, Kamis (3/11).

Kendati demikian, Menteri Muhadjir berharap para guru memberikan pemahaman yang sesuai kepada siswa didik terhadap aksi yang akan diikuti oleh ribuan umat muslim besok.

“Pihak sekolah juga perlu memberikan informasi dan pemahaman yang benar kepada peserta didiknya mengenai aksi besok sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman di kalangan siswa,” lanjut dia.

Menteri Muhajir menambahkan, pihaknya berharap demo dilakukan tetap mengedepankan adab kesopanan dan damai, sehingga tidak menjadi tontonan negatif bagi pelajar.

(byu/idr/wan)