Istri Irman Gusman Akui Pernah Buka Bingkisan Uang Rp 100 Juta

Irman Gusman
Irman Gusman. Foto via jpnn

POJOKSATU.id, JAKARTA – Liestyana, istri mantan Ketua DPD RI, Irman Gusman mengakui pernah membuka bingkisan berisi uang senilai Rp 100 juta.

Bingkisan tersebut dibawa oleh rekan Irman di malam hari. “Bapak (yang membawa), kan itu sudah malam ya, tapi yang buka saya. Dia (Sutanto dan Memi) kan meninggalkan barang itu di ruang tamu, saya enggak kenal orang itu dan enggak lihat dua-duanya,” kata Liestyana kemarin.

Meski begitu, Liestyana membantah uang tersebut akan disimpan di kamar yang berada di lantai atas. Menurutnya, saat membawa bingkisan pemberian Direktur Utama CV Semesta Berjaya, Xaveriandy Sutanto dan istrinya, Memi, itu suaminya tidak mengetahui bahwa bingkisan tersebut berisi uang.

Liestyana mengaku kaget setelah penyidik KPK yang kemudian datang ke rumahnya meminta bingkisan tersebut diambil kembali. Beberapa uang sempat tercecer dari bingkisan tersebut. Dirinya juga mengakui telah memindahkan uang yang tercecer ke tempat lain.


“Memang saya buka bungkusnya, lalu saya lihat benar uang, dan itu kan robek berantakan, lalu ya ada plastik, jatuh uangnya. Waktu itu saya panik karena bapak juga sudah diancam untuk diborgol, dalam keadaan panik saya lari ke atas, lalu uang yang jatuh itu saya masukkan ke plastik dan turun ke bawah,” ungkapnya.

Pemberian uang tersebut diduga sebagai imbalan bantuan Irman yang berjanji mengurus kuota impor gula dari Bulog untuk CV Semesta Berjaya di Sumatra Barat.

(ald/rmol/pojoksatu)