Tito Karnavian Lantik Wakapolri Komjen Syafruddin, “Selamat Senior Jenderal Budi Gunawan”

syafruddin-dilantik-menjadi-wakapolri
Kapolri Jenderal Tito Karnavian melantik Komjen Syafruddin sebagai Wakapolri. Foto Yudha/pojoksatu

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian resmi melantik Komjen Syafruddin sebagai Wakapolri di Rupatama, Mabes Polri, Sabtu pagi (10/9/2016). Pelantikan tersebut dihadiri mantan Wakapolri, Budi Gunawan.

Dalam sambutanya, Tito mengucapkan selamat kepada Jenderal Budi Gunawan yang baru dilantik menjadi Kepala BIN, Jumat (9/9/2016) kemarin.

“Selama senior kami Bapak Jenderal Polisi Budi Gunawan yang telah mengemban amanat baru sebagai Kepala BIN,” kata Tito di depan sejumlah perwira tinggi polri.

Tito menegaskan Polri akan mendukung langkah BIN. Tito menyebut dengan dilantikanya BG sebagai Kepala BIN, hubungan antar dua lembaga, Polri dan BIN akan semakin meningkat.


“Mohon kerjasama BIN dan Polri. Semoga semakin meningkat dengan posisi Bapak. Semoga kita semua dukung Bapak BG di tempat baru sebagai Kepala BIN,” tambah Tito.

Sementara mengenai pelantikan Wakapolri Baru, Tito mengatakan, hal itu sebagai konsekuensi atas dipromosikannya Bambang Gunawan menjadi Kepala BIN.

“Saya laksanakan hari ini (pelantikan wakapolri) setelah saya konsultasi kepada Bapak Presiden, Pak Mensesneg dan lain-lain. Saya lantik hari ini jangan sampai kekosongan terlalu lama,” ujar Tito.

Menurut Tito, dengan dilantiknya Wakapolri Komjen Syafruddin hari ini, maka tugas-tugasnya sebagai kapolri bisa sedikit terbantu.

“Semoga program Polri berjalan lancar untuk kepentingan bangsa dan negara,” tandas Tito.

Komjen Syafruddin merupakan pria kelahiran Ujung Pandang (Makassar), Sulawesi Selatan, 14 April 1961. Sebelum dilantik menjadi Wakapolri, Syafruddin menjabat sebagai Kalemdikpol.

Syafruddin tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Pada tahun 2004, Syafruddin pernah menjabat sebagai Ajudan Wakil Presiden RI pada masa pemerintahan SBY-JK. Kemudian akhir 2009, Syafruddin menjabat Wakapolda Sumut, lalu Kapolda Kalsel, Kadiv Propam Polri, dan Kalemdikpol.

(yud/pojoksatu)