Budi Gunawan Lolos Fit and Proper Test Jadi Kepala BIN di DPR, Lalu Bilang Begini Buat Jokowi

Budi Gunawan
Budi Gunawan

POJOKSATU.id, JAKARTA – Rapat dengar pendapat umum (RDPU) dalam rangka uji kelayakan dan kepatutan (fit and propertest) Komjen Pol Budi Gunawan, secara resmi telah memutuskan bahwa mantan wakapolri itu layak menjadi kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Hal itu sebagaimana disampaikan Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almayshari sesaat usai rapat berakhir.

“Saudara Budi Gunawan layak dan patut sebagai kepala BIN menggantikan Sutiyoso. Demikian kesimpulannya,” ujarnya di ruang rapat Komisi I, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9).

Keputusan itu, lanjutnya, diambil setelah pimpinan Komisi I DPR mendengarkan pemaparan visi misi Budi Gunawan dan pendapat dari semua fraksi yang hadir.


“Setelah mendengarkan paparan visi misi dan pandangan fraksi-fraksi dan anggota DPR RI terhadap calon kepala BIN, saudara Budi Gunawan,” ujarnya.

Sementara itu Budi Gunawan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD di Komisi I karena telah memberinya kesempatan menyampaikan visi misi dengan baik. Komjen BG juga berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang memberinya kepercayaan memimpin lembaga intelijen negara ini.

“Ucapan terima kasih ke Bapak Presiden Joko Widodo yang sudah memberi amanah kepercayaan dan tanggung jawab ke saya untuk menjabat menjadi kabin,” ucap Budi.

(ian/sta/pojoksatu)