Siapa Wakapolri Pengganti Budi Gunawan? Ini Kata Kapolri

Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Kapolri Jenderal Tito Karnavian

POJOKSATU.id, JAKARTA – Presiden Jokowi menunjuk Komjen Budi Gunawan (BG) menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Sutiyoso. Jabatan Wakapolri yang ditinggalkan Budi Gunawan hingga kini masih kosong.

Siapa yang akan menjadi Wakapolri menggantikan Budi Gunawan? hingga kini Kapolri Tito Karnavian belum bersedia membeberkan. Namun, Tito memastikan pengganti BG sebagai Tribrata 2 (TB2), tidak harus melalui proses di Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

“Itu tidak perlu Wanjakti. Itu hak prerogatif Kapolri,” kata Tito usai menghadiri acara Purnawira Pati Polri di Auditorium PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (6/9/2016).

Tito beralasan semua anggota Wanjakti merupakan bintang tiga. Menurutnya semua mau menduduki jabatan Wakapolri. “Otomatis itu adalah keputusan Kapolri,” tandasnya.


Ketika ditanya, siapa calon yang sudah dipilihnya?, Tito akan menjawab setelah Komjen Budi Gunawan positif diterima oleh DPR kemudian dilantik Presiden Jokowi.

“Penentuannya nanti setelah dilantik baru kita putuskan. Yang pasti bintang tiga, karena kalau bintang tiga sudah pasti matang,” ucap Tito.

(yud/pojoksatu)