Ini Kekurangan Bang Yos Sehingga Dicopot Jokowi dari Kepala BIN

Sutiyoso
Sutiyoso

POJOKSATU.id, AKARTA – Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari menilai kinerja Sutiyoso selama memimpin Badan Intelijen Negara (BIN) ada plus minusnya.

Keberhasilan membujuk Din Minimi turun gunung, tapi juga pernah kecolongan.

“Kinerja (Sutiyoso) plus minus, artinya ada baiknya dan ada kurangnya juga. Ada (prestasi bujuk) Din Minimi. Kemampuan mendeteksi walaupun ada kecolongan waktu bom Polres Solo,” kata Abdul Kharis saat dihubungi wartawan di DPR, Jakarta, Jumat (2/9).

Namun demikian, kecolongan tersebut tidak berdiri sendiri. Sebab, BIN memang tidak punya kewenangan menangkap pelakunya sebelum terjadi peristiwa itu.


“Tapi mestinya dia kan koordinasi. Klaim Pak Sutiyoso, katanya sudah memberikan informasi, soal dieksekusi atau tidak, bukan urusan dia. Tapi kan mestinya harus ada koordinasi,” ujar politikus PKS ini.

Terlepas dari plus minus kinerja KaBIN yang akrab disapa Bang Yos, kata Kharis, keputusan menggantinya merupakan hak prerogatif presiden. Karena itu, DPR akan menguji kelayakan dan kepatutan Komjen Budi Gunawan sebagai pengganti yang diusulkan ke dewan.

(fat/jpnn)