Oknum Anggota DPRD Diamankan Polisi Gara-gara Bom

Bom
ilustrasi

POJOKSATU.id, MALUKU – Kasus bercanda membawa bom di dalam pesawat, masih saja terjadi. Bahkan kali ini dilakukan oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Amir Faisal Souwakil.

Dilansir dari Rakyat Maluku (Jawa Pos Group), anggota dewan asal Partai Gerindra ini diamankan oleh polisi setelah bercanda membawa bom saat hendak berangkat dengan pesawat Trigana Air dengan nomor penerbangan IL 431 tujuan Ambon-Namrole, Minggu 14 Agustus 2016 sekira pukul 06.58 WIT.

Candaan ini terjadi saat seorang pramugari bernama Hera, meminta Amir Faisal Souwakil, untuk menaruh tas di atas kabin pesawat. Tetapi anggota DPRD Bursel Komisi B ini mengatakan tidak bisa karena didalam tas berisi bom.

Pramugari memintanya dua kali, namun jawaban yang sama diberikan wakil rakyat tersebut.


Tidak ingin mengambil resiko, pramugari menyampaikan informasi tersebut kepada Capten Pilot Trigana Air IL 431 Andrre Aji, yang kemudian memerintahkan Hera menghubungi FOO Trigana Air, Habibi Husein untuk segera menurukan Amir Faisal dari pesawat.

Mendapat kabar, Habibi Husein dan Staf Trigana bernama Dance langsung menurunkan Amir Faisal Souwakil dari pesawat dan kemudian membawanya ke pihak Avsec Bandara untuk pemeriksaan. Selanjutnya diserahkan ke pihak TNI AU dan guna dimintai keterangannya.

Setelah itu Amir Faisal Souwakil diserahkan ke Polsek kawasan Bandara Pattimura dan langsung melakukan pemeriksaan tas coklat miliknya. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata dalam tas itu hanya berisi kotak makanan.

Kapolres Pulau Ambon dan PP Lease AKBP, Harold Wilson Huwae menjelaskan, pihaknya awalnya mendapat laporan dari bandara bahwa ada salah satu penumpang pesawat yang mengatakan bahwa membawa bom.

“Untuk sementara masih dilakukan pemeriksaan terhadap orang yang bercanda membawa bom tersebut. Petugas bandara menyerahkan dia ke kita. Nanti kita panggil saksi-saksi guna dimintai keterangan, termasuk pramugari,’ tandas Kapolres.

(aan/sad/JPG)