Nilam Sukma Pawening, Pembawa Bendera 17 Agustus Ini Terinspirasi Dahlan Iskan

Nilam Sukma Pawening
Nilam Sukma Pawening, pembawa bendera peringatan Kemerdekaan RI di Istana Negara, Rabu (17/8/2016).

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) selalu menjadi pusat perhatian dalam setiap Peringatan 17 Agustus di Istana Negara. Namun paling menjadi perhatian di antara Paskibraka itu adalah pembawa bendera.

Pada Peringatan 17 Agustus di Istana Negara, Rabu (17/8/2016) ini, pembawa bendera adalah Nilam Sukma Pawening. Nilam salah satu anggota Paskibraka dari DKI Jakarta.

Nilam punya cerita sendiri latar belakangnya ingin menjadi anggota Paskibraka. Ternyata, Nilam berharap bisa bertemu Dahlan Iskan, bekas menteri BUMN, di Istana Negara.

Kok bisa? Ya, Nilam ternyata terinspirasi cerita novel Sepatu Dahlan yang mengisahkan kehidupan Dahlan Iskan.


”Dahlan Iskan adalah inspirasi aku yang mendorong saya ingin menjadi Paskibraka. Saya ingin bertemu Pak Dahlan Iskan,” kata Nilam sebelum pengibaran bendera.

Nilam berharap dengan keterlibatan sebagai anggota Paskibraka, dia bisa bertemu Dahlan Iskan.

Nilam Sukma Pawening yang mewakili Provinsi DKI Jakarta terpilih sebagai pembawa bendera merah putih dalam upacara peringatan kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia, 17 Agustus 2016 di Istana Merdeka.

Nilam Sukma dari tim Arjuna terpilih sebagai pembawa baki dalam upacara pengibaran bendera merah putih di Istana Merdeka.

Nilam Sukma merupakan Paskibraka putri perwakilan DKI Jakarta yang tercatat sebagai siswi SMA Negeri 67 Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Sementara yang bertugas sebagai cadangan adalah Hilda Jawa Timur, SMA Negeri 2 Pare.

Penunjukkan tim arjuna sebagai tim yang bertugas mengibarkan bendera merah putih disampaikan langsung oleh Kepala Garnisun Tetap 1 Jakarta Yosua Pandit Sembiring di Wisma Negara pada Rabu (17/8/2016).

Sementara, tiga orang yang bertugas untuk mengibarkan bendera merah putih yakni Rahmat Duhe yang mewakili Gorontalo, Muhammad Akbar sebagai pembentang bendera yang mewakili Kalimantan Barat, serta Muhammad Aditya Ersyah Lubis sebagai pengerek bendera yang mewakili Banten.

Tim Paskibraka yang bertugas pada pagi ini diberi nama Tim Arjuna.

Komandan Upacara Penaikan Bendera, yakni bernama Kolonel Inf. Putra Widiastawa.

(kan/ps)