Astaga, Tiap Hari Ada 85 Anak-Anak Jadi Korban Kecelakaan Lalu Lintas di Jakarta, Ini Datanya

kecelakaan

POJOKSATU.id, JAKARTA – Angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak-anak di bawah umur di wilayah Polda Metro Jaya ternyata cukup tinggi. Sepanjang 2010-2015, setidaknya 176 ribu anak-anak di bawah umur menjadi korban kecelakaan di jalan.

Jika dirata-rata, setiap hari terdapat 85 anak-anak di bawah 15 tahun yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Syamsul Bahri, selain menjadi korban kecelakaan, sedikitnya ada 27 ribu anak di bawah umur yang menjadi pemicu kecelakaan di jalan raya selama 2010-2015.‎

Karenanya harus ada pembelajaran dini terhadap anak untuk menekan angka kecelakaan. Polda Metro Jaya pun menggelar program Save Our Kids dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas di kalangan anak-anak.

“Tentunya bersama-sama dengan pakar pendidikan dan dukungan media dapat membantu kami menyuarakan tentang Save Our Kids,‎” kata Syamsul dalam siaran persnya, Kamis (11/8).


Ditlantas Polda Metro Jaya dengan menggandeng dua mitranya akan menggelar seminar pendidikan dengan tema “Save Our Kids – Keselamatan Berlalu Lintas di Kurikulum Pemerintah” di Hotel Hermitage, Jakarta pada 24 Agustus mendatang.‎ Rangkaian ini merupakan salah satu kegiatan HUT Lalu Lintas yang jatuh pada 22 September.

Rencananya, seminar pendidikan itu dihadiri juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Guru Besar Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali, dan Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Budi Widjanarko ‎”Lewat kegiatan ini kami ingin polisi berupaya mencegah dan menekan angka kematian anak-anak akibat kecelakaan lalu lintas,” terang dia.

Selain membahas seminar pendidikan anak untuk mencegah kecelakaan, seminar itu juga akan diramaikan dengan diskusi bisnis bertema Masa Depan Transportasi Berbasis Aplikasi di Indonesia. Pembicara yang akan dihadirkan antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, CEO Go-Jek Nadiem Makarim, dan penyedia jasa transportasi di Indonesia.

(mg4/jpnn)