Klaim Malaysia atas 2 Sungai di Kaltra Picu Pemekaran Wilayah

Sengketa Sungai Sumantipal dan Sungai Sinapad
Peta Sungai Sumantipal dan Sungai Sinapad/Google Map

POJOKSATU.id, NUNUKAN – Aksi klaim wilayah oleh pemerintah Malaysia atas terirori Indonesia ternyata memicu pemekaran wilayah yang berbatasan dengan negeri Jiran tersebut.

Kedua sungai tersebut masing-masing Sungai Sumantipal dan Sungai Sinapad, di Lumbis Ogong, wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Ketua Konsulat Jakarta Presidium DOB Kabudaya Imral Gusti mengatakan, ada persoalan genting yang sebenarnya terjadi di Lumbis Ogong, Kabupaten Bumi Dayak (Kabudaya) Perbatasan.

“Kalau mau jujur saja, Kabudaya itu masih jauh dari sentuhan pemerintah. Bukan itu saja, masyarakat di sana (Kabudaya, Red) bahkan ada yang bersedia pindah kewarganegaraan apabila ada tawaran nyata dari pemerintah Malaysia,” ujar Imral di laman Kaltara Pos, Selasa (12/7).


Itu menjadi dasar kuat sejumlah presidium yang dibentuk masyarakat di wilayah tiga Nunukan tersebut mengusulkan Kabudaya Perbatasan segera dimekarkan.

Sebagai catatan, DOB Kabudaya mencakup Kecamatan Sebuku, Tulin Onsoi, Sembakung, Sembakung Atulai, Lumbis dan Lumbis Ogong.

(ril/PS)