Jika 2 Sungai Berhasil Diklaim Malaysia, Banyak WNI Pindah Negara

Sengketa Sungai Sumantipal dan Sungai Sinapad
Peta Sungai Sumantipal dan Sungai Sinapad/Google Map

POJOKSATU.id, NUNUKAN – Soal klaim terbaru yang dilakukan pemerintah Malaysia atas dua sungai yakni Sungai Sumantipal dan Sungai Sinapad, di Lumbis Ogong, wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, bisa berdampak buruk.

“Kalau mau jujur saja, Kabudaya itu masih jauh dari sentuhan pemerintah. Bukan itu saja, masyarakat di sana (Kabudaya, Red) bahkan ada yang bersedia pindah kewarganegaraan apabila ada tawaran nyata dari pemerintah Malaysia,” ujar Ketua Konsulat Jakarta Presidium DOB Kabudaya Imral Gusti di laman Kaltara Pos, Selasa (12/7).

Imral menambahkan, hal itu sangat bisa terjadi apabila dua sungai di Lumbis Ogong direbut Malaysia. Secara tidak langsung, warga yang berada hampir di garis perbatasan antara Indonesia-Malaysia akan ikut bergabung dengan negara yang notabene dapat menyejahterahkan warganya itu.

“Kalau ini berhasil dimiliki Malaysia secara otomatis dia bakal menarik lurus titik koordinat garis wilayahnya. Dan jika ini terjadi maka Pulau Sebatik terancam diambil Malaysia,” ujar Imral.


BACA:
Lagi, Malaysia Klaim 2 Sungai di Kalimantan Utara

Klaim Malaysia Atas 2 Sungai di Kaltra Picu Pemekaran Wilayah

(dia/ril/PS)