Besok, Satelit LAPAN-IPB Meluncur ke Angkasa

Satelit LAPAN-IPB. Ist
Satelit LAPAN-IPB. Ist

POJOKSATU.id, JAKARTA – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan meluncurkan satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB, Rabu (22/6/2016). Satelit ini akan diluncurkan dari Pusat Antariksa Satihs Dhawan, Sriharikota, India pukul 10.55 WIB.

Situs resmi LAPAN melansir, satelit mikro generasi ketiga ini memiliki berat 115 kilogram. Satelit membawa misi penginderaan jauh eksperimental untuk memantau sumberdaya pangan.

Menurut LAPAN, satelit ini memiliki berat 115 kilogram. Satelit LAPAN-IPB membawa misi penginderaan jauh eksperimental untuk memantau sumberdaya pangan.

Satelit LAPAN-IPB akan mengidentifikasi tutupan dan penggunaan lahan serta pemantauan lingkungan. Satelit juga mengemban misi pemantauan kapal laut.

LAPAN-A3/IPB Satellite dikembangkan atas kerjasama LAPAN dan IPB untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, perancangan dan pembangunan satelit oleh bangsa Indonesia agar kita menguasai teknologi ini, baik untuk tujuan eksperimental maupun operasional.

Satelit Lapan IPB

Satelit LAPAN-IPB. Ist

LAPAN bertanggung jawab dalam desain, pengembangan, peluncuran, sampai penerimaan data satelit. Sedangkan IPB bertanggung jawab dalam pengembangan algoritma, pemanfaatan, dan aplikasi data satelit untuk ketahanan pangan nasional dan monitoring lingkungan.

Pengembangan satelit ini merupakan upaya mewujudkan pembangunan keunggulan kompetitif perekonomian. Teknologi satelit akan mendukung akurasi data dalam perencanaan masa tanam lahan persawahan yang akan berimplikasi langsung pada peningkatan ketahanan pangan. Hal ini tentunya akan membantu pemerintah dalam menentukan berbagai kebijakan terkait pangan, misalnya terkait impor beras.

Satelit LAPAN-IPB diluncurkan dengan menumpang Roket PSLV-C34 milik India. Peluncurannya menumpang misi utama peluncuran Cartosat (India), serta dua satelit buatan perguruan tinggi di India, yaitu Sathyabamasat dan Swayam.