Menteri Yuddy Pensiunkan 1 Juta PNS, Begini Tanggapan Ketua DPR

Ade Komarudin
Ketua DPR Ade Komarudin

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kebijakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandy ‎mengundang perhatian Ketua DPR Ade Komarudin. Ia mewanti-wanti agar menteri asal Partai Hanura itu jangan sampai gegabah membuat keputusan.

Ya, Yuddy berancana mempensiunkan 1 juta pegawai negeri sipil (PNS) yang akan direalisasikan tahun depan. Alasannya, dalam rangka efisiensi anggaran pembelanjaan dan pendapatan negara (APBN).

Nah, menurut pria yang disapa Akom itu, ‎Yuddy harus melakukan kajian mendalam terkait jumlah dan kualitas PNS sebelum mengambil keputusan kontroversial itu. “Kita tidak boleh melabrak begitu saja rambu-rambu hak hidup, hak untuk bekerja sebagai warga negara,” ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (3/6).

Andaikata kebijakan itu direalisasikan, perlu ada langka solutif bagi mereka yang dipensiunkan. Jangan sampai, nasib mereka menjadi tidak jelas setelah diberhentikan. “Negara ini kan didirikan oleh para founding father untuk mensejahterakan rakyat bukan untuk menyakiti rakyat,” pungkas politikus Golkar itu.


(dna/JPG)