BNPB Kerahkan Paranormal Cari 5 Korban Banjir di Air Terjun Dua Warna

korban banjir air terjun dua warna
Keluarga korban banjir air terjun dua warna

POJOKSATU.id, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan paranormal untuk mencari lima korban banjir bandang di kawasan wisata air terjun Dua Warna, Desa Durin Sirugun, Sibolangit, Deli Serdang, Sumut, yang hingga kemarin siang belum ditemukan.

“Pencarian selain dilakukan dengan penyisiran sungai dan rute yang telah ditentukan juga dengan melibatkan paranormal sebagai kearifan lokal daerah setempat,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada JPNN, Kamis  (19/5).

Dia menjelaskan, ide pelibatan paranormal ini datang dari lurah dan camat yang punya wilayah lokasi kejadian.

“Pada saat rapat kemarin (Rabu, 18/5), lurah dan camatnya kan ikut rapat. Nah, di situ mereka usul agar dilibatkan juga paranormal. Usul itu diakomodir, sebagai wujud keterlibatan masyarakat dalam upaya pencarian. Ini kan merupakan kearifan lokal,” ujar birokrat bergelar doktor itu.


Sutopo tidak menyebutkan berapa paranormal yang dilibatkan. Hanya dia katakana bahwa pelibatan paranormal sudah biasa dilakukan dalam mencari korban bencana alam.

Dia memberi contoh saat kejadian robohnya jembatan Kutai Kartanegara, Kaltim, November 2011 silam. Saat itu, banyak mobil berpenumpang yang jatuh.

“Saat itu juga banyak yang hilang, juga dicari dengan bantuan paranormal, masyarakat Dayak di situ aktif ikut melakukan pencarian,” terang Sutopo.