Kapal Asing Pemburu Harta Karun di Riau Ditangkap Warga

Armada Salvage 8 kapal pemburu harta karun
Kapal Armada Salvage 8 ditangkap warga

POJOKSATU.id, LINGGA – Kapal pemburu harta karun, Armada Salvage 8 ditangkap warga di perairan Tokoli, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Sabtu (26/3) sekira pukul 11.00 WIB. Kapal ini diduga menjarah barang berharga bawah laut di Lingga.

Kapal berasal dari luar negeri dengan peralatan canggih tersebut membawa Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 18 berwarga negara asing (WNA) dan tiga warga negara Indonesia dengan dokumen yang tidak sesuai.

Menurut Kapolsek Senayang, AKP Yuhendri, kapal tersebut mengantongi izin beroperasi namun untuk wilayah Batam. Warga mengamankan mereka saat beroperasi pada titik koordinat yang salah yakni di perairan Kabupaten Lingga.

“Mereka mengantongi izin dari Dirjen Kelautan untuk membersihkan jalur pelayaran namun seharusnya beroperasi di kawasan Batam,” ujar Yuhendri.


Armada Salvage 8 kapal pemburu harta karun di Riau
Kapal Armada Salvage 8 mengambil mengambil barang dari bawah laut di Riau.

Kapal Armada Salvage 8 dengan lambung yang besar juga dilengkapi crane raksasa untuk mengangkut barang-barang bawah laut. Di atas kapal tersebut juga terlihat sejumlah tumpukan barang bekas yang telah diangkat dari dasar laut.

Selanjutnya, sambung Yuhendri, kapal tersebut digiring ke Dabo Singkep guna penyelidikan lebih lanjut. Sejumlah ABK yang turut diamankan berwarga negara Tiongkok.