Mengenang 36 Tahun Meninggalnya Bung Hatta, Lahir dari Pasangan Ulama dan Pedagang

Bung Hatta

POJOKSATU.id, JAKARTA – Mengenang kembali sosok Bung Hatta sebagai pejuang intelektual yang menjadi wakil presiden RI pertama, memabawa kita pada perenungan sebuah perjalanan sosok dengan tekad baja.

Hari ini, tepat 36 tahun lalu, sang ‘guru bangsa’ ini meninggal dunia dalam usia 77 pada 14 Maret 1980 di Jakarta pukul 18.56 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Tak bisa disangkal, Bapak Koprasi Indonesia ini bersama Soekarno memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda sekaligus memproklamirkannya pada 17 Agustus 1945.

Saat Indonesia memasuki era kemerdekaan di awal-awal, selain sebagai wakil presiden, Hatta menjabat sebagai Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta I, Hatta II, dan RIS. Ia mundur dari jabatan wakil presiden pada tahun 1956, karena berselisih dengan Presiden Soekarno.


Untuk mengenang jasa-jasanya, pemerintah menamakan Bandar udara internasional Jakarta, dengan nama Soekarno-Hatta. Selain diabadikan di Indonesia, nama Mohammad Hatta juga diabadikan di Belanda yaitu sebagai nama jalan di kawasan perumahan Zuiderpolder, Haarlem dengan nama Mohammed Hattastraat.

(ril/ps)