Pererat Hubungan Antara Kedua Negara, Pemimpin Tertinggi Al-Azhar Mesir Temui Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

POJOKSATU.id, JAKARTA- Pemimpin tertinggi Institusi Al-Azhar Kairo Mesir, Syekh al-Azhar Ahmad at-Thayyib menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta, Senin (22/2/2016).

Pelaksana Tugas Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMA) yang juga Sekjen Ikatan Alumni Al Azhar Indonesia (IAAI), Muchlis M Hanafi mengungkapakan, kunjungan ini sangat penting dalam rangka mempererat hubungan antara kedua negara, terutama di bidang pendidikan, kebudayaan dan dakwah keagamaan.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Wamenlu AM Fachir, Anggota Wantimpres Hasyim Muzadi dan Utusan Khusus Presiden untuk Kawasan Timur Tengah Alwi Shihab pun nampak hadir.

Pertemuan tersebut berlangsung mulai sekitar pukul 10.15 WIB. Sebelum bertemu dengan tamu dari Mesir itu, Presiden Jokowi di Istana Merdeka menerima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Sebelumnya pemimpin tertinggi Institusi al-Azhar, Kairo, Mesir, Grand Syekh al-Azhar Ahmad at-Thayyib, bersama rombongan tiba di Jakarta, Minggu, 21 Februari malam. Dalam kunjungan bersejarahnya ke Tanah Air selama kurang lebih enam hari ini, sosok yang pernah menjabat rektor Universitas al-Azhar dari 2003-2010 tersebut, didampingi oleh delegasi khusus al-Azhar yang terdiri dari Prof Mahmud Hamdi Zaqzuq, mantan menteri wakaf Mesir, Anggota Dewan Penasihat al-Azhar Syekh Muhammad Abd as-Salam, Dekan Fakultas Ushuluddin Al-Azhar Prf Abd al-Fattah al-Awari, dan Sekjen Majelis Hukama al-Muslimin Prof Dr Ali an-Nu’ami.

Rombongan yang tiba dengan pesawat khusus dan mendarat di Bandara Halim Perdanakusama itu, disambut oleh Menteri Agama, Lukman Saifuddin, Ketua Umum Ikatan Alumni al-Azhar Indonesia (IAAI), Prof Quraisy Shihab, dan sejumlah duta besar negara sahabat.

(Sikah/Pojoksatu)