Mau Haji Harus Menunggu 19 Tahun

ibadah haji tahun 2019, haji 2019
Ilustrasi Haji

POJOKSATU.id, PONTIANAK – Daftar tunggu haji di Kalimantan Barat (Kalbar) didominasi oleh Kota Pontianak. Akibatnya Kota Pontianak menjadi daerah yang antrean hajinya paling lama daripada kabupaten/kota lainnya di Kalbar.

“Berdasarkan data yang ada, daftar tunggu haji di Kota Pontianak terlama mencapai hingga 19 tahun,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Kalbar, Syahrul Yadi kepada Rakyat Kalbar (grup JPNN)

Menurutnya, secara nasional peraturan berkaitan dengan kuota jemaah calon haji setiap tahunnya ditentukan oleh pemerintah pusat. Hal itu yang menyebabkan lamanya daftar tunggu haji.  “Daftar tunggu haji yang mencapai belasan tahun juga terjadi di Kabupaten Kayong Utara, mencapai 12 tahun,” ujarnya.

Pada tahun 2015 jumlah jemaah haji Kalbar mencapai 1.869, terbagi ke dalam kloter 11 hingga 15. Sementara untuk jumlah calon jemaah haji di 2016, belum dapat dipastikan.


Begitu pula terkait biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2016, pihaknya belum mengantongi informasi terbaru. Pasalnya, segala yang berkaitan dengan biaya penyelenggaraan haji tidak hanya merupakan keputusan pemerintah di tingkat nasional.

(fie/dkk/jpnn)