Waduh, Lapindo Akan Bor Sumur Baru di Dekat Semburan Lumpur Porong

Lokasi pengeboran sumur baru PT Lapindo Brantas di dekat lokasi semburan di Siduarjo. Foto Reuters

POJOKSATU.id, JAKARTA – Meski masih menyisahkan banyak kecaman, terutama dari warga Porong Sidoarjo yang terkena bencana semburan lumpur PT Lapondo Brantas, namun perusahaan milik Aburizal Bakri tersebut kembali berencana melakukan pengeboran sumur gas baru didekat sumber semburan lumpur tersebut.

Pengeboran akan dilakukan di sebuah desa di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, yang berjarak sekitar dua kilometer dari pusat bencana semburan lumpur

Dosen teknik geologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Agus Hendratno mengatakan, Lapindo harus mengedepankan pengetahuan teknis, akurasi dan nurani, supaya tidak melakukan kesalahan kedua kalinya yang mengakibatkan timbulnya bencana lumpur sembilan tahun silam.

“Yang mengedepankan pengetahuan teknis, akurasi dan juga berharap dengan nurani,” kata Agus Hendratno, Kamis (07/01/2016).


Selain itu, Agus juga mengharapkan agar Lapindo Brantas dan pemerintah dapat belajar dari bencana tersebut.

“Kalau keledai saja pernah jatuh dan tidak mau jatuh lagi, jangan sampai kita jatuh kedua kalinya. Pengusaha dan pemerintah harus berada di track yang bagus,” kata Agus.