Darmo Tak Bersedia, Siapa Sosok Perempuan Pengganti Puan di DPR?

Hasto Kristiyanto

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sampai saat ini, pergantian antar waktu (PAW) Puan Maharani sebagai anggota DPR belum ada. Darmawan Prasodjo, sosok yang sebelumnya diminta Puan untuk menggantikan posisinya menolak.

Kini Darmawan Prasodjo atau yang akrab disapa Darmo, menjabat sebagai Deputi I Kantor Staf Presiden. Karena itu, PDI Perjuangan harus mencari sosok lain yang akan menggantikan Menko PMK tersebut. Dengan catatan, ia adalah calegĀ  di dapil yang memperoleh suara terbanyak setelah Darmo.

“Semua sudah berproses. Darmawan Prasodjo juga sedang mengundurkan diri dari haknya sebagai pengganti Puan dan digantikan dengan nama di bawahnya (Darmawan),” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Gedung DPP PDIP, Jakarta, Senin (4/1/2016).

Menurut Hasto, pengganti Puan adalah seorang perempuan. Sosok itu merupakan seorang wanita yang posisinya saat Pileg persis di bawah Darmo.


Hasto mengatakan nama tersebut sudah diajukan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), DPR dan Presiden Jokowi. Sementara Darmawan telah mundur dari posisi itu dan hal itu telah dikonfirmasi oleh KPU.

“KPU sudah lakukan konfirmasi bahwa Darmawan sudah mundur dan tak gunakan haknya. Plt Ketua DPR Fadli Zon juga sudah menerimanya dan juga sudah dibawa ke Presiden,” kata Hasto.

Nama yang akan menggantikan Puan akan diumumkan setelah masa reses DPR berakhir. Bisa juga, pengunguman tersebut dilakukan pada awal masa sidang tanggal 11 Januari.

(ril/pojoksatu)