Diisukan Diganti Dengan Orang Ini, Menteri Jonan Tak Ambil Pusing

Ignasius Jonan
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan tidak mau ambil pusing dengan isu bahwa dirinya menjadi salah satu menteri yang akan direshuffle.

Jonan mengatakan, isu dirinya terkena reshuffle berdasar rekomendasi Partai Amanat Nasional (PAN). Rekomendasi tersebut tak akan berpengaruh apapun. Sebab, presiden yang sekarang tidak berasal dari PAN. “Kecuali jika presidennya dari partai itu (PAN, Red),” katanya di Surabaya.

Keputusan mengangkat dan memberhentikan menteri berada di tangan presiden. Karena itu, Jonan memilih menunggu keputusan presiden. Selama belum ada kebijakan apapun, dirinya tetap melaksanakan tugas sesuai yang diamanatkan presiden kepadanya. “Itu prinsip yang saya emban,” ucapnya.

Meski begitu, Jonan mengaku tidak masalah jika kenyataannya nanti dia harus direshuffle. Dia bersikap profesional, ketika ditunjuk menjadi menteri, tanggung jawab dilaksanakan sebaik mungkin. Sebaliknya, ketika diganti, itu sudah menjadi kewenangan presiden. “Saya tidak ada masalah,”  ucap dia.


Isu reshuffle kabinet belakangan ini semakin santer dibicarakan. Menurut sumber Jawa Pos di Istana, reshuffle kabinet sepertinya tinggal menunggu waktu.

“Presiden ingin penyegaran di kabinet agar bisa lari cepat sejak awal tahun,” ujarnya, Sabtu (26/12/2015).

Calon pengganti Jonan yang santer disebut adalah politikus Parta Amanat Nasional (PAN) yang juga Wakil Ketua DPR  Taufik Kurniawan.

(owi/ril/pojoksatu)