Rayakan Tahun Baru, Pendaki Gunung Semeru Dibatasi

Ranu Kumbolo, Gunung Semeru . Foto Ist
Ranu Kumbolo, Gunung Semeru . Foto Ist

POJOKSATU.id, MALANG – Menyambut perayan tahun baru 2016, ratusan pendaki memadati jalur pendakian Gunung Semeru, Jawa Timur.Jumlah pendaki cukup meingkat karena musim libur panjang sekolah.

“Memang ada peningkatan jumlah pendaki yang naik ke Semeru yakni berkisar 200-300 orang per hari, padahal pada libur akhir pekan biasanya berkisar 100-200 orang per hari,” kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Ayu Dewi Utari, Kamis (24/12/015).

Pengelola Taman Nasional membatasi pendakian hingga Pos Kalimati. Para pendaki dilarang keras naik ke puncak Semeru (Mahameru) karena dinilai berbahaya.

“Kami tegaskan bahwa pendaki harus patuh terhadap rekomendasi batas pendakian itu dan tidak nekat menerobos sampai ke puncak demi keselamatan pendaki yang bersangkutan,” tuturnya.


Kuota pendakian di Gunung Semeru hanya dibatasi 500 orang per hari. Pengelola Taman Nasional tidak akan menambah kuota tersebut meski jumlah pendaki diprediksi terus bertambah menjelang pergantian tahun nanti.

“Tidak ada kuota tambahan dan jumlah pendaki tetap dibatasi 500 orang per hari karena jalur pendakian Semeru masih rawan pascakebakaran beberapa waktu lalu yang menyebabkan sejumlah titik longsor, namun masih aman dilalui para pendaki,” katanya.

(ril/pojoksatu)