Ini Jadwal Fit and Propert Test Pimpinan KPK di Komisi III

Ilustasi

POJOKSATU.id, JAKARTA –  Komisi Hukum DPR sepakat melanjutkan proses pemilihan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Keputusan itu diambil lewat rapat internal tadi malam. “Seluruh fraksi setuju dilanjutkan,” ujar Wakil Ketua Komisi Hukum, Desmond J. Mahesa, Senin malam (30/11/2015).

Adapun tahap pemilihan calon pimpinan dimulai dengan pembuatan makalah. Seluruh calon diminta menyelesaikan tugas itu sejak tanggal 4-6 Desember 2015. Makalah yang disetor merupakan materi yang akan digunakan dalam proses uji kepatutan dan kelayakan.

Untuk tahap uji kepatutan dan kelayakan, komisi hukum menetapkan jadwal sejak tanggal 13-15 Desember 2015. Meski tergolong mepet dengan masa tugas pimpinan, Desmon menganggap putusan itu tak akan mengganggu kinerja KPK. “Yang jelas sejak tanggal 16 kita sudah punya pimpinan KPK yang baru,” kata Desmon.


Sementara itu, Anggota Fraksi PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan mengatakan, wacana pengembalian berkas kandidat yang sempat mengemuka beberapa waktu lalu tak lagi jadi hambatan. Meski demikian, catatan itu akan ikut dijadikan pertimbangan dalam menentukan pimpinan terpilih.

Sebelumnya, tes terakhir di Komisi III DPR ini sempat diwacanakan akan ditunda lantaran dari 8 capim yang ada, tak ada yang dari unsur kejaksaan. Hal inilah yang menjadi polemik di komisi hukum tersebut, sehingga terkesan DPR mengulur-ngulur waktu.

(ril/pojoksatu)