Depok Diguyur Hujan Disertai Petir, Hati-hati di Jalan! Lebih Baik Bertedu

Pemotor berteduh di flyover

POJOKSATU.id, JAKARTA – Hujan kembali mengguyur sejumlah titik di wilayah Jabodetabek mulai siang hingga malam ini. Hujan deras disertai petir menyamba-nyambar terjadi di wilayah Depok Jawa Barat. Sementara siang menjelang sore tadi, hujan mengguyur sebagian wilayah Kota Bogor.

Dalam kondisi ini, para pengguna jalan, terutama pemotor, disarankan lebih waspada bukan hanya karema genangan air. Petir yang datang disertai gemuruh semakin mengkhawatirkan bagi keselamatan para pengemudi.

Sabtu pekan lalu, sedikitnya 6 orang tewan di sejumlah daerah tersambar petir. Para korban diketahui satu orang berada di Jonggol Kabupaten Bogor Jawa Barat, Satu di Ponorogo Jawa Timur, dan empat lainnya di Kuningan Jawa Tengah. Mereka tersambar petir di tempat dan waktu yang berbeda pada Sabtu, (7/11/2015).

Untuk insiden di Kuningan, sebenarnya ada tujuh orang yang tersambar petir, tapi hanya 4 yang tewas. Satu di lokasi kejadian, dan sisanya di rumah sakit. Mereka adalah kelompok pekemah dari SMA Negeri 1 Jamblang.


“Kami baru selesai memperbaiki tenda yang bocor karena hujan,” kata Wawan Suwandi (35), pembimbing dari SMA Negeri 1 Jamblang, Sabtu (8/11/2015).

Sebelumnya diberitakan, hari ini Senin (9/11/2015), Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan turun menjelang sore hingga malam.

“Berpotensi hujan, didominasi hujan ringan dan sedang,” kata Kepala Sub Bidang Informasi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko, Senin (9/11/2015).

Wilayah bagian selatan bakal dapat guyuran lebih lebat. “Hujan turun antara jelang sore dan malam hari,” kata Hary.

Meski begitu, hingga saat ini BMKG belum memastikan apakah akan ada angin kencang yang menyertai hujan ini. “Potensi angin belum ada,” kata Hary.

Hary juga menjelaskan fenomena angin kencang dan petir memang lebih sering terjadi pada fase seperti sekarang ini. Saat ini, cuaca baru mengalami peralihan antara musim kemarau ke musim hujan.

Berdasarkan pantauan di situs resmi BMKG, cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi hari ini diperkirakan hujan.  Jakarta Utara dan Pusat mendapat hujan siang harinya. Jakarta Selatan, Timur, dan Barat bakal mendapat hujan sedang mulai siang hingga malam hari. Wilayah Depok, Bekasi, Tangerang,  dan Bogor bakal mengalami hujan sedang hingga lebat.

(ril)