Selain di Bantul, Usaha Bakar Gereja Juga Terjadi di Purworejo

214953_956410_police_line

POJOKSATU.id, PURWOREJO – Serangkaian aksi pembakaran gereja ternyata terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Selain upaya pembakaran gereja di Bantul,
aksi yang sama terjadi di Purworejo, Jawa Tengah, dan Palu, Sulawesi Tengah.

BACA JUGA: GAWAT, Gereja di Bantul Dibakar

Di Purworejo, sekelompok orang yang belum diketahu membakar pintu Gereja Katolik Jawa (GKJ) di Desa Teplok, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Senin (20/7) dini hari.


Kapolres Purworejo, Theresia Arsida Septian mengatakan kasus tersebut masih dalam penyelidikan. Polisi juga sudah memeriksa beberapa saksi terkait kasus tersebut
.

Peristiwa itu kali pertama diketahui pendeta GKJ, Ibnu Prabowo (57) pukul 05.30.

”Sepulang dari berolahraga pagi, kami mencium bau bensin dan melihat kondisi pintu depan gereja sudah terbakar,” katanya.

Ibnu lalu melihat kondisi gereja di bagian lainnya. Selain pintu depan gereja terbakar, pihaknya juga menemukan pintu sebelah barat gereja terbakar. Ada juga surat ancaman ditemukan di pojok kiri depan gereja.

Polisi mengamankan barang bukti berupa sebuah pesan di secarik kertas dan tujuh batang korek kayu. Hingga Selasa dini hari, polisi masih terus mencari informasi terkait insiden ini.

TINGKATKAN KEWASPADAAN

Sementara Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Wuryanto, Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono telah menginstruksikan setiap Panglima Kodam (Pangdam) dan jajarannya agar meningkatkan kewaspadaan.

”Peningkatan kewaspadaan ini terutama untuk menjaga dan mengamankan tempat-tempat ibadah yang rawan, seperti di gereja,” kata Wuryanto saat dihubungi wartawan.

Peningkatan kewaspadaan berlaku dari tingkat Kodam, Korem, Kodim, hingga Koramil. Aparat di tingkat Koramil sudah memiliki data-data gereja atau tempat ibadah yang ada di daerahnya masing-masing.

”Tinggal kewaspadaannya ditingkatkan dengan melakukan pengamanan,” pungkasnya.

(kan/ps)