Makam Mbah Jepra Akan Dibongkar, Juri Kunci Geram

Inilah makam Mbah Jepra di Kebun Raya Bogor
Inilah makam Mbah Jepra di Kebun Raya Bogor
Inilah makam Mbah Jepra di Kebun Raya Bogor

POJOKSATU.id, BOGOR – Rencana pembongkaran makam keramat Mbah Jepra yang berada di kawasan Kebun Raya Bogor (KRB) membuat geram juru kunci makam Mbah Jepra, Abdul Rohman (54).

Pembongkaran makam yang berdiri sejak 600 tahun lalu itu, dinilai Abdul, sengaja dilakukan untuk menghilangkan situs budaya yang sudah mencapai 615 tahun tersebut.

“Dari 1996 mereka akan melakukan pengurugan dan menghilangkan makam,” kata Abdul Rohman seperti dilansir Metropolitan, Jumat (12/6/2015).

Pangkalnya, kata pria yang sudah 22 tahun, saat tumbangnnya pohon yang menimpa Makam Mbah Jepra dan Makam Situs Ratu Galuh Mangkualam beberapa waktu lalu. Karena itulah Abdul Rohman langsung melaporkannya kepada budayawan.


Lebih lanjut Rohman mempertanyakan kepada pihak pengelola, siapa yang akan melakukan pengurugan. “Mereka bilangnya ada yang berwenang untuk mengurug ini,” katanya. Ia juga memastikan, pihak KRB sudah melupakan dan merasa tidak mengetahui adanya makam. “Bukannya membantu merenovasi malah angkat tangan,” ujarnya.

(rez/c/er/lya)