Ini Kata Pihak KRB Terkait Pembongkaran Makam Mbah Jepra

Inilah makam Mbah Jepra di Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor

POJOKSATU.id, BOGOR – Makam Mbah Jepra dikabarkan akan dibongkar oleh pengelola Kebun Raya Bogor (KRB). Bahkan kecaman akan pembongkaran itu pun sudah dilontarkan juru kunci makam Mbah Jepra hingga pemerhati budaya.

Menanggapi rencana pembongkaran hingga kabar tumbangnya pohon yang dikaitkan dengan rencana tersebut, dibantah pihak KRB. Hal tersebut dilontarkan Koordinator Pelayanan Kebun Raya Bogor Upun Punijar.

“Tidak benar dan tidak ada istilah pemakaman pindah,” ujarnya seperti dilansir metropolitan, Jumat (12/6/2015).

Inilah makam Mbah Jepra di Kebun Raya Bogor
Inilah makam Mbah Jepra di Kebun Raya Bogor

Terkait tumbangnya pohon yang menimpa Makam Mbah Jepra, Upun berkilah jika itu semua akibat adanya angin ribut yang melanda Kota Bogor. “Akibat angin. Untuk bekas gergaji, itu sengaja kami rapikan saja,” tuturnya.


Seperti diketahui di kawasan KRB terdapat makam yang dikeramatkan. Ada tiga makam yang dipercaya sebagai tempat peristirahatan terakhir dari Ratu Galuh Mangku Alam. Dia adalah istri Sri Baduga Prabu Siliwangi, Raja Kerajaan Padjajaran, makam Mbah Jepra serta makam Mbah Ba’ul yang merupakan patih dari Sri Baduga Prabu Siliwangi.

Mbah Jepra sendiri merupakan tokoh yang hidup pada zaman Kerajaan Pajajaran. Kabarnya dia merupakan panglima perang pasukan Sri Baduga Prabu Siliwangi. Seperti halnya Prabu Siliwangi, masyarakat mengenal Mbah Jepra sebagai sosok sakti mandraguna. Sebagian orang meyakini kesaktian Mbah Jepra masih bisa berpengaruh pada kehidupan manusia saat ini terutama di Kota Bogor.

(rez/c/er/lya)