Bongkar Makam Mbah Jepra, Pemerhati Budaya Tuding Pihak KRB Ingin Hilangkan Cagar Budaya

Makam Mbah Jepra di Kebun Raya Bogor
Makam Mbah Jepra di Kebun Raya Bogor
Makam Mbah Jepra di Kebun Raya Bogor

POJOKSATU.id, BOGOR – Rencana pembongkaran makam Mbah Jepra di Kebun Raya Bogor (KRB), tak hanya menuai reaksi dari juru kunci, Abdul Rohman, pemerhati Budaya Dadi Jiwapraja pun mengecam rencana tersebut. Bahkan Dadi meminta pihak KRB dapat mengklarifikasi rencana pembongkaran makam.

Hal ini perlu dilakukan, karena dinilai Dadi, makam Mbah Jepra ini penting bagi masyarakat Kota Bogor. Ia pun meminta pihak pengelola dapat menghargai situs budaya.

“Jelaskan, apakah mereka ingin menghilangkan cagar budaya yang ada di Kebun Raya lagi,” kata Dadi seperti dilansir metropolitan, Jumat (12/6/2015).

Sebab kata dia, dari beberapa situs yang berada di KRB sudah hilang, seperti selendang tujuh dan pancuran tujuh. Dadi pun mengingatkan pihak KRB dapat menunjukkan itikad baik dan memberikan perhatian lebih kepada cagar budaya di kawasan KRB.


“Kami tunggu sampai mana pertanggung jawaban dari mereka. Sebab makam ini bagian dari masyarakat Kota Bogor,” paparnya.

Dadi mengingatkan, barang siapa dengan sengaja merusak benda cagar budaya dan situs serta lingkungannya atau membawa, memindahkan, mengambil, mengubah bentuk atau warna, memugar bahkan memisahkan benda cagar budaya tanpa izin dari pemerintah, sebagaimana dimaksud kedalam Pasal 15 ayat 1 dan ayat 2 akan dikenakan pidana penjara selama sepuluh tahun dan dengan denda sebesar Rp100 juta.

(rez/c/er/lya)