Patung Soekarno Sedot Dana APBD Rp 2,5 Miliar

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU.id – Pembangun patung Presiden RI pertama Soekarno di Blitar, Jawa Timur, dilakukan sebagai pengingat sejarah bahwa di kota tersebut Sang Proklamator pernah hidup dan dimakamkan.

Begitu sebagaimana disampaikan Walikota Blitar Samanhudi Anwar saat pembukaan seminar kebangsaan dalam memperingati hari lahir Pancasila yang diselenggarakan MPR RI di rumah dinas Walikota Blitar, Jawa Timur (Sabtu, 30/5).

“Kami akan bangun menghadap timur,” ujarnya .

Patung salah satu pendiri bangsa itu rencananya akan dibangun di pintu masuk Kota Blitar dari arah Malang. Tepatnya, di depan hotel Herlingga Jaya.

Samanhudi menuturkan, patung itu akan dibuat dari perunggu. Proses pembuatannya masih dalam tahap pelelangan. Kesulitannya adalah kecocokan yang pas untuk mengorientasikan wajah Soekarno seperti aslinya ke dalam sebuah patung perunggu.

“Sekarang belum ada yang sreg,” sebutnya.

Sementara itu, Samanhudi menginginkan agar patung tersebut menggambarkan Soekarno setelah menjadi panglima besar. Bukan Soekarno muda seperti yang ada di pelataran atau kompleks pemakaman ayah dari Megawati Soekarnoputri itu.

Patung tersebut direncanakan dibangun dengan tinggi 9 meter. Hal itu hasil dari penghitungan tinggi tubuh Soekarno, yakni 170 cm.

Dana dari patung tersebut pun akan menggunakan dana pemerintah daerah senilai Rp 2,5 miliar.

“Yang mahal kan seninya. Mudah-mudahan tahun ini selesai,” tandasnya. (ian/rmol/dep)

Feeds

Ivanka Lincoln

Pengacara Ivanka mengancam akan memperkarakan Lincoln Project. Termasuk akan minta ganti rugi yang sepadan.