Kolonel Inf Fulad Pimpin Sertijab Dandim Kabupaten Bogor

Kolonel Inf Fulad Pimpin Sertijab Dandim Kabupaten Bogor
Kolonel Inf Fulad Pimpin Sertijab Dandim Kabupaten Bogor
Kolonel Inf Fulad Pimpin Sertijab Dandim Kabupaten Bogor
Kolonel Inf Fulad Pimpin Sertijab Dandim Kabupaten Bogor

POJOKSATU.id, BOGOR – Komandan Korem 061/Sk Kolonel Inf Fulad menjadi Inspektur Upacara dalam acara Serah Terima Jabatan Dandim 0621 Kabupaten Bogor, dari Letkol Inf Nugroho Imam Santoso kepada Letkol Czi Dwi Bima Nurrahmat yang bertempat di lapangan Tegar Beriman Kabupaten Bogor, Senin (25/5).

Dalam acara ini, Kolonel Inf Fulad juga meresmikan pembangunan Masjid Al-Ikhlas Kodim 0621/Kabupaten Bogor. Turut hadir dalam acara sertijab ini Bupati Kabupaten Bogor, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Unsur Forkopimda Kabupaten Bogor, Para Pejabat TNI, POLRI Dan Instansi Pemerintah Diwilayah Kab Bogor, Para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Ketua Persit Kck Koorcab Rem 061 Beserta Pengurus Dan Anggota Persit KCK Cabang XIX Para Perwira, Bintara, Tamtama Dan Pegawai Negeri Sipil Kodim 0621/ Kab Bogor.

Kolonel Inf Fulad Pimpin Sertijab Dandim Kabupaten Bogor
Kolonel Inf Fulad Pimpin Sertijab Dandim Kabupaten Bogor

Kolonel Inf Fulad menyampaikan bahwa serah terima jabatan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan para Perwira, juga dalam rangka pembinaan organisasi agar dapat mengoptimalkan pencapaian tugas pokok TNI AD.

“Berkaitan dengan itu setiap satuan di jajaran TNI AD dituntut senantiasa meningkatkan Profesionalisme, Kepekaan, dan Kepedulian terhadap setiap permasalahan yang berkembang  di tengah kehidupan masyarakat,” ujar Kolonel Inf Fulad pada pojoksatu.id, Senin (25/5).


Kolonel Inf Fulad juga mengibaratkan sebuah lagu gundul-gundul pacul yang mengandung filosofi yang sangat mendalam. Menurutnya, lagu gundul-gundul pacul artinya seorang pemimpin sesungguhnya, bukan orang yang diberi mahkota tetapi dia pembawa pacul untuk mencangkul, mengupayakan kesejahteraan bagi rakyatnya dan orang banyak.

“Orang Jawa mengatakan pacul adalah papat kang ucul (4 yang lepas). Kemuliaan seseorang tergantung 4 hal, yaitu bagaimana menggunakan mata, hidung, telinga dan mulutnya. Mata digunakan untuk melihat kesulitan rakyat. Telinga digunakan untuk mendengar nasehat. Hidung digunakan untuk mencium wewangian kebaikan, serta mulut digunakan untuk berkata adil,” sambung Kolonel Inf Fulad.

Kolonel Inf Fulad juga menambahkan bahwa akhir-akhir ini merebak isu beras plastik dikarenakan kurangnya pengawasan. Kolonel Inf Fulad juga meminta aparat Korwil bekerjasama dengan Polri untuk menuntaskan hal ini karena dianggap merugikan lebih kurang 62 juta petani di Bogor.

“Mengonsumsi beras yang dicampur bahan sintesis dapat menggangu kesehatan tubuh manusia,” tuturnya.

Kolonel Inf Fulad meminta agar para aparat penegak hukum mencermati secara seksama setiap perkembangan dan dinamika yang terjadi di tengah masyarakat.

“Kedepankan sikap Proaktif, Antisipatif  dan tindakan Preventif, dalam rangka mencegah berkembangnya konflik di tengah masyarakat,” sambungnya.

Sekedar informasi, saat ini Korem 061/Suryakencana membantu pemerintah dibeberapa daerah di Provinsi Jawa Barat dalam program mengentaskan kemiskinan.

Program yang mereka buat antara lain memperbaiki 3.750 unit rumah tidak layak huni, dimana kodim 0621/Kabupaten Bogor mendapat tanggung jawab merehab sebanyak 1.000 unit dalam kurun waktu 4 bulan kedepan.

(gs)