Ribuan Lampu PJU Bakal Dipasang di Jaksel

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Ribuan lampu penerangan jalan umum (PJU) akan dipasang di wilayah Jakarta Selatan tahun ini.

Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Selatan, Hasmi Chalid mengatakan bahwa pemasangan ribuan lampu PJU ini akan dilakukan di lingkungan perumahan dan jalan raya agar warga bisa beraktivitas dengan nyaman di malam hari.

“Tahun ini ada program pemasangan baru PJU 6.483 titik di wilayah Jakarta Selatan. Agar warga bisa beraktivitas dengan nyaman saat malam hari,” ujar Halid, seperti dilansir laman resmi Pempov DKI, Sabtu (25/4).

Menurut Halid nantinya ribuan lampu itu disebar di 10 kecamatan di wilayah Jakarta Selatan. Karena memang 90 persen dari program tersebut merupakan hasil dari aspirasi masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kota Jakarta Selatan.


“Dari 6.483 titik, 90 persen di antaranya merupakan aspirasi masyarakat atau sekitar 5.834 titik,” ungkapnya.

Untuk tahun ini, lanjut Hasmi, jenis lampu yang digunakan berbeda dari tahun lalu karena menggunakan lampu jenis light emitting diode (LED) yang lebih hemat energi dibandingkan jenis lampu bohlam. “Iya baru tahun ini akan menggunakan LED,” ucapnya.

Sedangkan anggaran yang diperlukan untuk memasang titik baru PJU tersebut, sekaligus perawatan mencapai Rp 56,9 miliar.

“Pemasangan lampu baru dan penggantian PJU rusak tahun ini seluruhnya menggunakan LED dengan biaya Rp 56,9 miliar, melalui proses lelang begitu anggaran cair,” tandasnya. (ian/rmol/dep)