Hujan Besar, Sawah 3 Hektar Retak

sering terkena hujan
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Di Desa Batulawang Cipanas, Kabupaten Cianjur hujan besar selama berjam-jam berdampak pada retakan tanah di lahan pertanian warga. Akibatnya, sekitar 3 hektar tanah pertanian warga di Sindanglangu mengalami retakan. “Tanah tersebut tidak bisa ditanami karena sangat labil. Kondisi tersebut membuat warga harus mencari mata pencaharian lain,” ujar Kepala Desa Ciherang Kecamatan Pacet Acep Haryadi.

Staf Trantib Kecamatan Pacet Jaelani mengaku, meningkatkan kewaspadaan saat hujan besar. Pasalnya, hujan berjam-jam beberapa bencana menimpa kawasan Pacet hingga Cipanas. “Kami sudah mengimbau kepada warga lebih waspada, dan kami akan laporkan mengenai kejadian tersebut,” ujarnya.

Pihaknya mengharapkan adanya penataan drainase dan juga aliran sungai di Pacet dan Cipanas. Sehingga jangan sampai air malah meluap dan menjadi bencana. “Kami khawatir jika hujan besar, karena pelosok daerah Pacet ini seperti di Gadog dan Cibodas ada pemukiman di perbukitan dengan kondisi tanah sangat labil. Kami khawatir kejadian seperti di Sukabumi dan Garut. Makanya kami kini meningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya.(fhn/dep)