Siswi Tenggelam, Pembina Pramuka Jadi Tersangka

POLICE LINE: Kolam Solemat, lokasi tewasnya Rahmi (16) siswi SMK Al Fatmah Cianjur.
POLICE LINE: Kolam Solemat, lokasi tewasnya Rahmi (16) siswi SMK Al Fatmah  Cianjur.
POLICE LINE: Kolam Solemat, lokasi tewasnya Rahmi (16) siswi SMK Al Fatmah Cianjur.

POJOKSATU – Terkait kematian Rahmi Apriliani (16) siswa SMK Al Fatmah Cianjur yang tengah mengikuti kegiatan Pramuka di Kolam Solemat Buper Mandala Kitri Cibodas, Polres Cianjur terus mengembangkan kasusnya. Seorang pelatih Pramuka berinisial S, ditetapkan menjadi tersangka.

Kapolres Cianjur AKBP Dedy Kusuma Bakti menjelaskan, setelah melakukan pemeriksaan secara maraton terhadap sedikitnya 12 orang saksi atas tenggelamnya seorang pelajar di Buper Mandala Kitri Cibodas akhirnya menetapkan S yang juga sebagai pelatih Pramuka sebagai tersangka.

Menurutnya, penetapan tersangka tersebut didasarkan hasil keterangan sejumlah saksi, yang mengarah bahwa tindakan S masuk dalam unsur kelalaian. “Kita sudah tetapkan S yang merupakan sebagai pelatih atau pembina Pramuka. Saat ini dia kami tahan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” ujar Deddy, kemarin (30/3).

Dijelaskannya, kegiatan yang menyeret S sebagai tersangka terjadi saat sekitar 69 siswa SMK Al Fatmah tengah mengikuti kegiatan Pramuka di Buper Mandala Kitri Cibodas. Dalam kegiatan itu, S memerintahkan kepada seluruh pelajar untuk terjun masuk ke dalam kolam Solemat yang lokasinya dekat tempat mereka berkemah.


“Sewaktu S memerintahkan pelajar terjun ke kolam, sudah ada sejumlah pelajar yang mengingatkan diantara mereka ada yang tidak bisa berenang. Namun S tetap menyuruh agar para pelajar itu terjun ke kolam, sehingga mengakibatkan seorang pelajar tewas tenggelam,” paparnya.

Lebih lanjut, Dedy menjelaskan atas kelalainnya tersebut S ditetapkan sebagai tersangka, karena ada unsur kesengajaan yang menyebabkan nyawa melayang. “Saat ini S telah kami tahan untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya. Dia kami jerat dengan Pasal 359 KUH Pidana dengan ancaman hukuman diatas lima tahun,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kolam Solemat yang berada di areal Mandala Kitri Desa Cimacan Kecamatan Cipanas, menjadi lokasi tewasnya Rahmi Apriliani, siswi Kelas X PB3. Warga Jalan Perintis Kemerdekaan RT 01/22 Kelurahan Sayang Kecamatan Cianjur.

Korban tewas setelah diperintahkan seniornya berenang ke dalam kolam sedalam 4 meter, namun ternyata penggunaan kolam itu tidak memiliki izin dari pihak pengelola Buper Mandala Kitri.(fhn/dep)