Cipanas Jadi Target Pemburu Batu Akik

DIBURU: Seorang warga dengan serius menelusuri daratan di wilayah Kecamatan Pacet, memburu bongkahan bahan batu akik.
DIBURU: Seorang warga dengan serius menelusuri daratan di wilayah Kecamatan Pacet, memburu bongkahan bahan batu akik.
DIBURU: Seorang warga dengan serius menelusuri daratan di wilayah Kecamatan Pacet, memburu bongkahan bahan batu akik. Foto : Farhan/Pojoksatu.id

POJOKSATU – Daerah Cipanas dan Pacet kini menjadi target para pemburu bongkahan bahan batu akik.

Menurut mereka batu yang berada di dalam tanah wilayah Cipanas, mengandung fosfor yang sangat tinggi.

Salah seorang warga Heri menjelaskan, beberapa daerah di Kecamatan Pacet, seperti Gunung Batu yang berbatasan antara Desa Cipendawa dengan Desa Pakuon Kecamatan Sukaresmi, terdapat beberapa jenis bahan batu akik.

“Di Gunung Batu terdapat jenis batu kecubung, lavender, dan pancawarna. Makanya banyak warga yang melakukan pencarian di daerah tersebut,” jelasnya.


Menurutnya, banyaknya bahan batu akik di daerah tersebut karena berada di areal pegunungan. Apalagi, daerah Gunung Batu sangat berdekatan dengan Gunung Gede yang beberapa kali pernah meletus.

“Selain di Gunung Batu ada juga di Kampung Ciguntur Desa Cipendawa. Karena di Ciguntur terdapat aliran sungai dari mata air Gunung Gede,” ujarnya.

Dikatakannya, warga biasanya melakukan pencarian bahan batu akik pada siang dan sore hari. “Sejauh ini tidak ada larangan dari pemerintah, sehingga masyarakat sudah terbiasa mencari batu- batuan tanpa rasa takut,” ungkapnya. (fhn/dep)