Kompetisi Batu Akik Terbesar di Indonesia Resmi Dibuka

Batu akik. Foto: Ist
Batu akik. Foto: Ist
Batu akik. Foto: Ist

POJOKSATU. id, JAMBI – Kompetisi batu akik terbesar di Indonesia resmi dibuka, Minggu (29/3/2015) di Lapangan Honda Season Square, Jalan Jenderal Soedirman, Thehok, Jambi. Pameran ini digelar oleh FIFGroup Gemston Festival yang melibatkan banyak pecinta dan kolektor batu mulia.

“Pameran terbesar kompetisi batu akik se-Indonesia itu akan dimulai pada 28 Maret hingga 6 April 2015,” ujar Ketua Panitia FIFGroup Gemstone Festival, Rakhmat Junaidi, seperti dilansir dari Jambi Independen (Grup Pojoksatu.id) Minggu (29/3/2015).

Komunitas pencinta batu yang berasal dari Sumatera dan Jawa telah berkumpul. Mulai dari Aceh, Dumai, Padang, Batu Raja, Jambi, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Bekasi, Garut, Purbalingga dan Mojokerto.

“Untuk lomba, kita menghadirkan dewan juri yang berkompeten. Mereka berasal dari tim Indonesian Gemstone Jakarta,” ungkapnya.


Kompetisi batu mulia ini terdiri dari 7 kelas, yaitu Teratai Jambi (Sarang Tawon), Limau Manis (Chalsedony), Bacan Medium, Idicrase Aceh, Idocrase Sungai Dareh, Batu Gambar (tumbuhan, hewan, dan orang) serta batu unik/antik/langka (bebas).

Hadiah utama kompetisi ini 1 unit sepeda motor Honda persembahan PT SSP. Di setiap kelas juga tersedia hadiah menarik berupa trofi, piagam dari Indonesian Gemstone dan uang tunai.

“Batu dinilai dari keindahan dan fenomenanya. Jika peserta memiliki batu dengan kriteria itu, kemungkinan menang pasti ada,” pungkasnya.(rmol/cr1)