Perbaikan Jalan Terbentur Anggaran

A---Jalan

POJOKSATU – Kepala Dinas Balai Binamarga Sukaluyu, Indra Fahrizal terus berupaya dan berbenah untuk memperbaiki kondisi ruas jalan yang rusak di wilayah kerjanya. Penambalan jalan di beberapa titik lubang rusak berat kian hari kian dilakukan. Banyaknya jalan rusak membuat Binamarga kesulitan karena terbatas anggaran.

Menurut Indra, penambalan dilakukan untuk mengurangi kerusakan jalan di beberapa titik ruas jalan Bandung-Cianjur. “Upaya dan langkah terus dilakukan melalui penambalan misalnya di sekitar Jalan Pramuka serta akses jalan lainnya bila ada pengajuan,” ujarnya.

Menurutnya, kondisi jalan rusak sebagian besar diakibatkan aktivitas truk galian C yang melebihi notase. Dia memaparkan, pihaknya akan terus berusaya untuk meningkatkan pelayanan khususnya pembangunan jalan atau pengaspalan jalan yang dilakukan secara bertahap.


Ia berharap, kondisi jalan tetap terjaga dengan baik dan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. “Tapi melihat kondisi dan anggaran yang dikeluarkan tidak sebanding dengan kerusakan di lapangan. Butuh biaya yang besar, tidak sedikit,” tungkasnya.

Tak hanya di ruas Jalan bandung-Cianjur saja. Ternyata infrastruktur Jalan Raya Cianjur-Sukabumi pun turut mengkhawatirkan. Kepala Desa Bangbayang, Hilmanudin mengatakan, mulai Warungkondang hingga perbatasan Sukabumi dihiasi sejumlah lubang kecil maupun besar.

Sambung Hilmanudin, kondisi jalan yang rusak dan berlubang bisa menghambat laju lalu lintas jalan serta mengganggu pula kenyamanan para pengendara. “Saya sering menerima laporan hampir setiap hari pengendara roda dua menjadi korban jalan berlubang,” terangnya.

Ia berharap, segera ada perbaikan dan pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU). “Apabila dibiarkan akan terus jatuh korban jiwa,” paparnya prihatin. (mat/rik/dep)