Sekolah Jauh, Anak Kecil Disini Pilih Jadi Pekerja Pasar

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Sejumlah anak di bawah umur di Kampung Cipeutag, Desa Gadog, Kecamatan Pacet, Cianjur lebih memilih menjadi pekerja ketimbang sekolah. Kondisi tersebut cukup memperihatinkan sejumlah pihak.

Kadus 3 Desa Gadog Mamduh menjelaskan, sejumlah anak enggan meneruskan sekolah ke jenjang SMP dan SMA. Mereka lebih memilih bekerja di sejumlah pasar dan petani sayur. “Kampung Cipeutag jauh dari sekolah SMP maupun SMA. Kondisi itu cukup menciutkan niat mereka untuk melanjutkan sekolah,” terangnya.

Dikatakannya, anak di bawah umur ini bekerja mencari uang untuk kebutuhan sehari-hari. Desakan ekonomi menjadi salah satu penyebab utama mereka enggan meneruskan sekolah.

“Kami sudah beberapa kali mengajak mereka untuk kembali ke bangku sekolah. Namun karena sudah terbiasa bekerja, mereka enggan melanjutkan pendidikan,” katanya.


Menurutnya, sejumlah anak di bawah umur rela meninggalkan sekolah demi menjadi tukang kuli panggul ataupun menjadi petani. Padahal pendidikan wajib ditempuh hingga 9 tahun.

“Sejauh ini pemerintah tak ada yang turun ke masyarakat untuk bisa merangkul anak-anak kembali ke bangku sekolah. Padahal mereka memiliki potensi untuk menaikan derajatnya dengan menempuh pendidikan yang layak,” tandasnya. (fhn/dep)