Cianjur Langgar HAM

Komnas HAM

komnas ham

POJOKSATU – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menemukan bentuk pelanggaran HAM di Kabupaten Cianjur, termasuk masih minimnya pelayanan pemerintah atas warganya.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Pengaduan Komnas HAM, Rima Purnama Salim, di sela-sela acara diskusi dengan berbagai elemen masyarakat, organisasi dan LSM tentang kasus-kasus pelanggaran HAM di kantor Institute Social Economic Development (Inside) di Jalan Limbangan Sari no 144, Panembong, Cianjur, kemarin (25/3).

Rima menyebutkan, dengan infrastruktur Kabupaten Cianjur yang bisa dikatakan timpang dan masih cukup minim, bukan tidak mungkin banyak terjadi pelanggaran HAM lainnya yang terjadi di Cianjur.


Terlebih, jika menilik pada letak dan kondisi geografisnya yang cukup jauh dengan pusat pemerintahan daerah, Cianjur selatan menjadi wilayah yang paling teramat mungkin pelanggaran HAM banyak terjadi.

“Ketimpangan pembangunan kan sangat jelas terlihat. Jalan akses untuk ke Cianjur selatan saja rusaknya bukan main. Secara otomatis, ketika infrastruktur tidak mendukung, akses pendidikan, kesehatan dan segalanya jadi terhambat,” kata Rima.

Dalam kunjungan Komnas HAM ke Cianjur selatan, kata Rima, pihaknya menemukan berbagai indikasi pelanggaran HAM berdasarkan keluhan dan laporan masyarakat. Adapun jenis pelanggaran HAM yang terjadi di Cianjur selatan antara lain, penyerobotan tanah-tanah garapan petani oleh pihak-pihak tertentu, kekerasan dan layanan kesehatan masyarakat.

“Kemarin (lusa,red) kami banyak mendapatkan keluhan di Cianjur selatan soal tanah, kekerasan dan layanan kesehatan yang sangat memprihatinkan dari RSUD Cianjur,” ungkap dia.

Namun, lanjut dia, pengetahuan masyarakat tentang definisi pelanggaran HAM diakuinya masih sangat minim. Bahkan, tidak sedikit masyarakat yang malah tidak tahu-menahu tentang keberadaan Komnas HAM yang sudah berjalan di Indonesia sejak bertahun-tahun silam itu.

“Jangankan tahu apa itu pelanggaran HAM, Komnas HAM saja masyarakat tidak tahu, kok. Ini yang menyulitkan pengungkapan kasus-kasus pelanggaran HAM di Cianjur,” jelas Rima.HAM