Cianjur Waspada Banjir Bandang

Ilustrasi Banjir
Ilustrasi Banjir
Ilustrasi Banjir

POJOKSATU – Curah hujan yang terus menerus Cianjur dalam beberapa pekan terakhir membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur meningkatkan imbauan. Tak tanggung-tanggung, BPBD kini meluncurkan sedikitnya dua anggota di setiap wilayah yang dinilai rawan akan banjir bandang.

Tadi malam, Kelurahan Limbangansari lah yang menjadi sasaran serangan banjir. Kendati belum masuk ke dalam rumah, namun genangan air yang menutupi sejumlah ruas jalan kampung menuai perhatian warga.

Bahkan, tadi malam, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cidaun pun menjadi salah satu sorotan tajam BPBD. Tak lepas, di Kecamatan Gekbrong pun BPBD sempat menerima laporan adanya longsor. “Kita sudah cek ke lokasi. Situasi kondusif namun tetap waspada terjadi banjir bandang. Alhamdulillah kini banjir pun sudah mulai surut,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman.

Berdasarkan pantauan Radar Cianjur (Grup Pojoksatu.id), sejumlah wilayah khususnya kelurahan-kelurahan yang ada di Kecamatan Cianjur pun mulai diserang banjir. Banjir mulai meringsek masuk ke sejumlah jalan gang dan perkampungan.


Untuk mengantispasinya, warga berinisiatif membangun blokade air dengan peralatan dan bahan seadanya. “Memang akhir-akhir ini banjir sering terjadi akibat luapan sungai-sungai yang membelah Cianjur dan sungai-sungai kecil lainnya,” tutur Asep.

Ia mengimbau, warga tetap waspada dan turut aktif. Artinya, masyarakat wajib melaporkan kegiatan sekecil apapun kepada aparat setempat. Mengingat intensitas banjir yang terus meningkat, pihaknya pun bersiaga selama 24 jam menerima laporan.

“Saat ini beberapa titik menjadi lebih rawan. Kita pun siap melangkah apabila menerima laporan,” paparnya. (yaz/dep)