Muncul Ide Lagu Sabang Sampai Merauke Diubah, Kenapa ya?

Hasto Kristiyanto
Hasto Kristiyanto
Hasto Kristiyanto

POJOKSATU – Lagu nasional dengan judul Sabang Sampai Merauke, ciptaan R. Soerardjo, merupakan lagu yang menggambarkan kesatuan NKRI.

Namun, dalam Konferensi Daerah PDI Perjuangan Provinsi Papua, muncul ide dari peserta konferda agar lagu ini diubah menjadi dari Merauke Sampai Sabang, yang langsung dinyanyikan saat penutupan konferda.

Adanya ide ini diakui oleh Plt Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto. Ditemui sebelum meninggalkan Bumi Cendrawasih, Sabtu (21/3), Hasto menilai ide merubah lagu Sabang sampai Merauke menjadi Merauke sampai Sabang, cukup logis sebagai keinginan warga Papua.

“Karena Indonesia kita adalah perjuangan Putra Sang Fajar. Sudah menjadi hukum alam matahari terbit dari timur, Indonesia yang adil dan makmur cita-cita Bung Karno muncul apabila dari provinsi sang fajar, bergelora semangat kebangkitan untuk maju. Berdasarkan aspirasi tadi, kita nyanyikan dari Merauke sampai ke Sabang berjajar pulau-pulau,” kata Hasto.


Munculnya ide ini dari kader PDI Perjuangan Papua dalam konferda yang baru ditutup tadi malam, menurut Hasto tidak lain untuk membangkitkan semangat dan komitmen untuk menyejahterakan rakyat Papua.

“Ini membangkitkan semangat dan komitmen, bahwa Indonesia baru bisa dikatakan makmur kalau Papua sudah makmur. Bahkan ada survei di pedalaman-pedalaman Papua, ketika ditanya presiden Indonesia siapa, jawabnya masih Bung Karno,” celetuk Hasto. (fat/jpnn/dep)